Bagaimana mengetahui apakah tenaga medis mendukung pemberian ASI atau tidak

Taken from web sehat

Biasanya semua tenaga kesehatan mengatakan bahwa mereka mendukung pemberian ASI, namun pada prakteknya banyak yang tidak mendukung ketika terjadi berbagai kendala pada sang ibu untuk memberikan ASI nya. Berikut beberapa petunjuk yang bisa membantu anda untuk menilai apakah tenaga kesehatan tersebut benar-benar mendukung pemberian ASI atau minimal setidaknya mau memberikan dukungan lebih kepada anda jika terdapat kendala dalam pemberian ASI.

Bagaimana mengetahui tenaga kesehatan yang tidak mendukung :

1.Memberikan sampel susu formula dan berbagai keterangan mengenai produk susu formula tersebut baik ketika anda hamil maupun telah melahirkan. Sampel susu formula dan penyertanya adalah salah satu bentuk pemasaran produknya oleh perusahaan, distributor dan juga oleh tenaga kesehatan yang memberikan kepada anda. Tidak ada bukti yang menunjukkan hingga saat ini apakah susu formula lebih baik atau lebih buruk daripada ASI. Keterangan yang bisa saja berupa tulisan, artikel atau bahkan video yang menyertai susu formula tersebut biasanya tidaklah memberikan keterangan lengkap mengenai kelebihan susu formula dan biasanya sangat mengagungkan susu formula. Jika anda mempercayai keterangan tersebut, tanyakan kepada hati nurani anda kenapa harus tenaga kesehatan yang mempromosikan kepada anda kenapa tidak perusahaan itu sendiri atau perusahaan susu formula lainnya? Kenapa pula tenaga kesehatan justru tidak mempromosikan mengenai ASI?

2.Tenaga kesehatan mengatakan bahwa pemberian ASI dan Susu Formula sama saja. Banyak bayi yang diberikan susu formula tetap tumbuh dengan sehat disatu sisi tidak semua bayi yang diberikan ASI tumbuh sehat. Tetapi ini tidaklah mengartikan bahwa susu formula dan ASI adalah sama. Perbedaan pemberian ASI dan susu formula memiliki dampak yang berbeda bagi kesehatan. Banyak sekali elemen alami (tidak buatan seperti di susu formula) yang terdapat di ASI yang bermanfaat bagi pertumbuhan anak seperti yang telah diketahui bertahun tahun lamanya. Antibodi untuk perlindungan anak terhadap infeksi, “long chain polyunsaturated fatty acids” yang sangat baik untuk perkembangan penglihatan dan otak anak. Jika anda tidak dapat memberikan ASI, anda kurang beruntung (walaupun seringkali permasalahan yang membuat anda gagal dapat diatasi) namun jika langsung mengatakan anda tidaklah bisa tanpa minta bantuan maka ini sangat salah. Memang pemberian susu formula bukan berarti tidak bisa membuat anak tumbuh sehat dan bahagia namun pemberian ASI adalah suatu manfaat lebih.

3.Tenaga kesehatan mengatakan susu formula merek tertentu adalah yang terbaik Bisa jadi tenaga kesehatan tersebut terlalu banyak mendengarkan ceramah dari pihak pemasaran produk tersebut. Bisa juga anaknya memang cocok dengan susu formula tersebut dibandingkan merek lainnya. Tapi ini berarti dia memiliki pendapat yang lemah tanpa adanya bukti-bukti yang kuat seperti artikel penelitian dan lain-lain.

4.Tenaga kesehatan tersebut mengatakan tidaklah penting untuk segera memberikan ASI kepada anak anda segera setelah melahirkan karena anda lelah dan juga bayi tidaklah tertarik untuk langsung menyusui. Segera memberikan ASI setelah melahirkan bukannya tidak penting saja tapi juga sangat membantu. Bayi anda dapat menyusui sambil ibunya berbaring atau istirahat, justru banyak ibu yang tidak ingin segera beristirahat karena tidak ingin melewatkan momen-momen awal bayi anda segera menyusui. Bayi tidaklah selalu menunjukkan minat ingin segera menyusu tapi ini bukanlah alasan untuk memisahkan bayi dari ibunya. Banyak bayi yang baru bisa menyusu (latch on) setelah 1-2 jam kelahiran dan ini juga adalah waktu yang kondusif untuk segera mulai namun hal ini tidak dapat dilakukan jika lagi-lagi bayi terpisah dari ibunya. Jika anda mendapati bahwa tenaga kesehatan anda justru memberikan perhatian lebih pada berat badan, pemberian tetes mata dan Vitamin K daripada segera membantu anda untuk memberikan ASI maka anda dapat meragukan komitmen tenaga kesehatan anda tersebut terhadap ASI.

5.Tenaga kesehatan tersebut mengatakan tidak ada yang namanya bingung puting sehingga anda perlu segera memperkenalkan botol kepadanya. Kalau mereka mengatakan tidak ada itu bingung puting maka kenapa anda harus mulai menggunakan botol? Puting buatan (artificial nipple) dimana tidak ada mamalia yang pernah menggunakan, sampai akhirnya manusia lah yang memulai menggunakannya itupun baru diakhir abad 19 yang diperlihatkan seolah-olah tidaklah berbahaya. Tenaga kesehatan yang mencari-cari bahwa penggunaan puting buatan tidaklah berbahaya beranggapan bahwa sudah seharusnya pemberian ASI digantikan oleh susu formula. Walaupun pemberian susu formula via botol ataupun ASI melalui botol tidaklah berbahaya bagi bayi dan tidak semuanya mengakibatkan bingung puting tapi ini bukanlah tanda bahwa anda dapat segera menggunakan botol. Memang bingung puting disebabkan beberapa faktor namun kebanyakan penyebabnya adalah pemberian melalui botol.

6.Tenaga kesehatan mengatakan bahwa anda harus berhenti memberikan ASI karena anda sakit, bayi sedang sakit atau anda sedang mengkonsumsi obat-obatan. Sangatlah jarang, hanya kejadian sekali-sekali dimana pemberian ASI harus dihentikan dan biasanya keputusan itu salah. Tenaga kesehatan yang sangat mendukung pemberian ASI akan berusaha membantu anda untuk berupaya proses pengobatan yang dilakukan tidaklah harus membuat anda berhenti dalam pemberian ASI. Ketika seorang ibu menyusui harus mengkonsumsi obat-obatan maka tenaga kesehatan seharusnya membantu untuk memberikan obat-obatan yang tidak menganggu proses menyusui (walau obat-obatan yang memiliki pengaruh ke proses menyusui sangatlah sedikit). Sangatlah tidak biasa jika hanya ada satu cara pengobatan untuk beberapa penyakit. Jika pilihan pertama dari tenaga kesehatan anda adalah anda harus berhenti menyusui maka anda boleh meragukan komitmennya akan ASI.

7.Tenaga kesehatan anda sangat kaget bahwa bayi 6 bulan anda masih mengkonsumsi ASI. Banyak tenaga kesehatan yang mempercayai bahwa pemberian ASI tanpa tambahan susu formula untuk bayi diatas 6 bulan hingga 9 bulan atau bahkan diatas 12 bulan, dan juga disaat bersamaan memiliki pendapat bahwa meneruskan pemberian ASI diatas 6 bulan atau 12 bulan tidaklah baik lagi bahkan berbahaya. Perlu anda tanyakan pada diri anda sendiri, kenapa susu formula yang merupakan imitasi dari ASI justru mereka anggap lebih baik? Tidakkah anda sadar apa penyebab mereka mengatakan tersebut? Adakah sesuatu dibalik itu? Memberikan ASI hingga usia anak 2-3 tahun tidaklah berbahaya bahkan merupakan hal yang biasa diberbagai belahan dunia.

8.Tenaga kesehatan anda mengatakan tidak ada manfaatnya memberikan ASI setelah bayi anda berumur 6 bulan lebih. Jikalau pendapat ini benar, namun pemberian ASI memberikan ikatan cinta diantara 2 orang walaupun tanpa ASI. Namun pendapat tenaga kesehatan tersebut adalah salah. ASI dengan segala kandungannya yang hebat, susu, lemak, protein, kalori, vitamin dan antibodi tetaplah ada walapun bayi anda telah berusia 6 bulan lebih.

9.Tenaga kesehatan anda mengatakan kepada anda untuk jangan pernah membiarkan anak anda tertidur ketika sedang proses menyusui. Kenapa tidak? Sangatlah tidak apa-apa jika bayi anda bisa tidur tanpa menyusui terlebih dahulu. Seorang ibu diseluruh dunia sejak jaman mamalia telah melakukan hal itu, merupakan kenikmatan tiada tara ketika melihat bayi anda tertidur di lengan anda, dalam pelukan anda. Memberikan kehangatan anda padanya membuatnya tenang dan tertidur. Inilah salah satu kenikmatan terbesar dalam memberikan ASI.

10.Tenaga kesehatan anda mengatakan bahwa anda tidak perlu menunggui bayi anda yang sakit dirumah sakit demi proses menyusui karena jauh lebih penting bagi anda untuk istirahat dirumah. Memang sangat penting untuk seorang ibu yang baru melahirkan untuk istirahat, namun rumah sakit dan tenaga kesehatan yang mendukung ASI pastinya akan membantu anda untuk menemukan solusi agar anda bisa beristirahat namun tidak meninggalkan proses menyusui. Bayi sehat membutuhkan ASI apalagi bayi yang sakit mereka membutuhkan lebih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: